PLN UIP Nusa Tenggara Gelar Konsultasi Publik Rencana Pengembangan PLTP Ulumbu di Manggarai

- Jumat, 2 Desember 2022 | 00:09 WIB
PLN UIP Nusa Tenggara Gelar Konsultasi Publik Rencana Pengembangan PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai.|| Foto: nttmediaexpress.com / Aristo Mulyadi
PLN UIP Nusa Tenggara Gelar Konsultasi Publik Rencana Pengembangan PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai.|| Foto: nttmediaexpress.com / Aristo Mulyadi

nttmediaexpress.com | PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara bersama Tim Persiapan dari Pemerintah Kabupaten Manggarai menggelar kegiatan Konsultasi Publik rencana pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu di Desa Lungar Kecamatan Satarmese, Selasa, (29/11/2022).

Forum konsultasi publik tersebut merupakan rangkaian tahapan mengurus izin penetapan lokasi perluasan lokasi pengembangan unit 5 dan 6 PLTP Ulumbu.

Baca Juga: PLN Rayon Ruteng Batalkan Perluasan Jaringan Listrik di Manggarai Timur, Vendor Berjanji Kembalikan Uang Warga

Kegiatan itu dihadiri oleh Manajer Perizinan dan Komunikasi PLN UIP Nusa Tenggara Prapsakti Wahyudi, Ketua Tim Persiapan Pengembangan yang diketuai oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Manggarai, Yos Mantara, sejumlah pemilik lahan yang lokasi tanah mereka termasuk dalam zona rencana perluasan PLTP Ulumbu, tetua adat, dan sejumlah stakeholder terkait.

Dalam sambutan Ketua Tim Konsultasi, Yos Mantara menjelaskan bahwa rencana pengembangan PLTP Ulumbu ini sejalan dengan Perpres Nomor 112 Tahun 2022 tentang Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Baca Juga: Kejari Manggarai Melimpahkan Berkas Perkara Kasus Pemalsuan Yang Menjerat kepala SMKN 1 Wae Rii

Rencana pengembangan PLTP Ulumbu, kata Yos, merupakan proses transisi EBT sekaligus upaya dari pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan mencapai bauran EBT 23% pada tahun 2025.

Yos Mantara menyampaikan, pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan PLTP tersebut butuh proses sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Pemerintah mendukung kegiatan ini, karena kita tau bahwa semua masyarakat ini membutuhkan listrik” kata Yos Mantara.

Baca Juga: Kuasa Hukum Yustin Romas Meminta Kejari Manggarai Segera Menahan Tersangka Ferdianus Tahu CS

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Mata Wae Dalam Bingkai Toleransi

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:02 WIB
X