• Minggu, 4 Desember 2022

Pemprov NTT Canangkan Program PMT Cegah Stunting Berbasis Pangan Lokal di Lima Kabupaten

- Selasa, 22 November 2022 | 14:13 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) canangkan Program PMT pencegah stunting berbasis pangan lokal di lima Kabupaten di NTT. || Foto: Ilustrasi // Istimewa
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) canangkan Program PMT pencegah stunting berbasis pangan lokal di lima Kabupaten di NTT. || Foto: Ilustrasi // Istimewa

nttmediaexpress.com | Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTT canangkan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Cegah Stunting Berbasis Pangan Lokal di Lima Kabupaten di NTT.

Kelima Kabupaten yang dipilih akan menjadi Kabupaten percontohan atau percontohan program PMT pencegah stunting berbasis pangan lokal bagi ibu hamil dan balita.

Baca Juga: Upaya Kuratif Cegah Stunting, TP PKK Manggarai Menggelar ToT Kader Khusus Pangan Keluarga

“Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kupang, Lembata, Manggarai Timur, Sumba Tengah, dan Kabupaten Manggarai Barat,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTT Iwan M Pelokilla mengutip ANTARA , Selasa, (22/11/2022).

Kabid Kesmas Dinkes Provinsi NTT itu menjelaskan, PMT berbasis pangan lokal kepada ibu hamil dan balita merupakan pengganti PMT berbasis pabrik, seperti biskuit yang selama ini diberikan.

Baca Juga: Gubernur VBL Pasang Target Menurunkan Stunting di Provinsi NTT Hingga 10 Persen Pada Tahun 2023

Salah satu pangan lokal andalan Provinsi NTT dalam pencanangan PMT pencegah stunting, salah satunya yaitu daun kelor yang telah diolah menjadi serbuk kelor.

Serbuk kelor ini kemudian dicampurkan dalam menu makanan untuk ibu hamil dan anak balita, ungkap Iwan.

Kelor menjadi pilihan utama PMT karena banyak diproduksi di NTT serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan balita.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena Kampanye Penurunan Stunting di Kodi Utara SBD

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X