• Minggu, 25 September 2022

Polres Mabar Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades 2022

- Jumat, 23 September 2022 | 12:41 WIB
Apel Gelar Pasukan Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kamis (22/9/2022) di Markas Komando Polres Mabar ][foto : Ijhal Barut]]
Apel Gelar Pasukan Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kamis (22/9/2022) di Markas Komando Polres Mabar ][foto : Ijhal Barut]]

Nttmediaexpress - Dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Tahun 2022, diselenggarakan Apel Gelar Pasukan Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kamis (22/9/2022) di Markas Komando Polres Mabar.

Pelaksanaan apel kesiapan pengamanan Pilkades di Pimpin oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) AKP Roberth M. Bolle saat mewakili Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto,S.I.K.,M.Si.

Sesuai amanat Kapolres Mabar yang dibacakan oleh Kabag Ops, mengatakan apel kesiapan pengamanan ini dimaksudkan untuk menunjukan kesiapan Polres Mabar beserta unsur terkiat dalam mengamankan kegiatan Pilkades Tahun 2002.

“Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Manggarai Barat pada tahun 2022 ini dilaksanakan di 102 desa dengan jumlah TPS sebanyak 310 dan yang diamankan oleh anggota Polres Manggarai Barat bersama Polsek jajaran dengan dibantu oleh unsur TNI dan Brimob Kompi 4 Labuan Bajo beserta unsur terkait,”Tuturnya

Dalam amanatnya Kapolres Mabar menekankan agar TNI dan Polri dapat mejaga soliditas guna mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai.

“Jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam menyelenggarakan setiap tahapan Pilkades,” pintanya

Selain mejaga solidtas dan netralitas Kapolres Mabar juga berpesan untuk Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini, serta gelorakan deklarasi Pilkades damai dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkades.

Kapolres Mabar juga menegaskan, Lakukan penegakan hukum secara professional dan proporsional baik terhadap dugaan tindak pidana Pilkades maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

"Kita perlu sikapi dengan profesional baik itu TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan instansi terkait. Artinya, harus benar-benar mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, pahami tugas dan tanggungjawab, pahami lingkungan tempat tugas rekan-rekan serta pelajari dinamika sosial yang ada,"ucapnya.

Lanjut, Pilkades yang dilaksanakan secara serentak membutuhkan pengamanan yang cukup ekstra Polres Manggarai Barat yang dibantu dari unsur TNI dan stakeholders terkait serta membutuhkan banyak personel pengamanan untuk 102 desa yang akan melaksanakan Pilkades.
“Dalam pengamanan harus bersinergi dengan instansi terkait agar Pilkades terlaksana dengan baik. Perlu diketahui bahwa tahapan pilkades serentak terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian khusus. Dan kita berharap Pilkades serentak 2022. berjalan aman, damai dan lancar,"Tutupnya

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Tags

Terkini

X