• Minggu, 4 Desember 2022

Menkominfo Minta Pemda Mewujudkan Program Digitalisasi Pemerintahan dan Smart City

- Rabu, 30 Maret 2022 | 04:04 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara Welcoming Dinner di Sea View Restaurant, Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa (29/03/2022).
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara Welcoming Dinner di Sea View Restaurant, Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa (29/03/2022).

Jakarta Express - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate minta pemerintah daerah (Pemda) berperan aktif dalam upaya mewujudkan program digitalisasi pemerintahan melalui sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan smart City yang dicanangkan pemerintah pusat.

Menkominfo menjelaskan hal itu sejalan dengan masifnya sosialisasi sekaligus dukungan dari pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah dalam upaya untuk mewujudkan program tersebut.

Karena itu Menkominfo mengungkapkan peran aktif tersebut memiliki arti penting seiring dengan upaya pemerintah pusat dalam membangun pusat data nasional dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai sosialisasi untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan kota pintar atau smart city," kata Menkominfo

Hal itu Ia sampaikan dalam sambutannya di acara Welcoming Dinner berlangsung di Sea View Restaurant, Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa, (29/03/2022

"Saya tentu berharap bahwa pemerintah daerah mengambil peran yang aktif," kata Menteri Johnny.

Ia meminta Pemda melakukan komunikasi kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo dalam membangun basis SPBE dan smart city di wilayah masing-masing.

"Saya minta dengan hormat untuk secara aktif berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo untuk bangun basis electronic government dan smart city yang memadai," tegasnya.

Menkominfo menekankan pembangunan ICT infrastructure harus juga didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) digita yang memadai.

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Tags

Terkini

Zulfan Lindan Sebut Surya Paloh Tidak Paham Ideologi

Senin, 28 November 2022 | 20:24 WIB

SBY - Megawati duduk satu meja, politik memang dinamis

Kamis, 17 November 2022 | 10:01 WIB
X