• Minggu, 25 September 2022

BPJS Ketenagakerjaan Hadir Melindungi Pekerja Jasa Konstruksi Manggarai Timur

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:51 WIB
Sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan diselenggarakan oleh BPJS Wilayah Manggarai Raya Cabang Labuan Bajo, di Labuan Bajo, Jumat (20/5/2022).|| Foto: Dok. Istimewa
Sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan diselenggarakan oleh BPJS Wilayah Manggarai Raya Cabang Labuan Bajo, di Labuan Bajo, Jumat (20/5/2022).|| Foto: Dok. Istimewa

NTT Express, MATIM - Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Yoseph Marto melalui Kepala Bidang (Kabid) Teknik dan Jasa Konstruksi PUPR Matim mengapresiasi kehadiran negara khususnya bagi pekerja jasa konstruksi di Matim melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Bupati Agas Borong Karya Kebudayaan SMPN IV Pocoranaka di Panggung Expo Pendidikan Matim 2022

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Teknik dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Matim, Rian Ompor usai mengikuti kegiatan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Wilayah Manggarai Raya Cabang Labuan Bajo, di Labuan Bajo, Jumat (20/5/2022)

Kabid Teknik dan Jasa Konstruksi PUPR Matim imenjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pekerja jasa konstruksi Manggarai Timur terkait pentingnya manfaat program BPJS untuk perlindungan dan keselamatan kerja.

Baca Juga: Warga Protes Praktik Penanaman 100.000 Anakan Bambu di Sungai Wae Bobo Matim

"Dinas PUPR juga berharap kegiatan ini bisa berdampak terhadap meningkatnya penambahan pemahaman, pengetahuan, dan kesadaran perlindungan kerja bagi tenaga kerja konstruksi melalui BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Rian.

Lebih lanjut, Rian menjelaskan bahwa wujud kehadiran negara bagi perlindungan dan keselamatan para pekerja telah diatur dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk menjamin perlindungan kepada pekerja.

Baca Juga: WVI Bersama Kemendikbud Gelar Pelatihan Guru Fasilitator Penggerak Literasi di Matim

"Dasar kegiatan ini adalah Permen Ketenagakerjaan Nomor 5 tahun 2021, dan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2021. Kehadiran kita pada kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam melakukan kerja nyata untuk membangun kabupaten yang kita cinta ini," ungkap Rian Ompor.

Sementara Kepala BPJS wilayah Manggarai Raya Ardy Nugraha Harahap menjelaskan, sesungguhnya pemerintah dalam usaha memberi perlindungan bagi tenaga kerja konstruksi melalui BPJS Ketenagakerjaan dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021, serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2021.

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X