• Minggu, 4 Desember 2022

Gaji ke-13 ASN dan Pensiunan Cair 1 Juli Ditambah Tunjangan Kinerja 50 Persen

- Rabu, 29 Juni 2022 | 02:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pensiunan yang juga meliputi tambahan 50 persen tunjangan kinerja mulai 1 Juli 2022.|| Foto: Istimewa.
Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pensiunan yang juga meliputi tambahan 50 persen tunjangan kinerja mulai 1 Juli 2022.|| Foto: Istimewa.

NTT Express Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pensiunan yang juga meliputi tambahan 50 persen tunjangan kinerja mulai 1 Juli 2022.

Menkeu Sri Mulyani dalam ketentuan Pers Gaji Ke-13 di Jakarta, Selasa (28/06 2022) perairan gaji ke-13 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini ada penambahan sebesar 50 persen bagi pegawai yang berhak mendapatkannya, sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Sri Mulyani Menyebut Rp202,35 Triliun Dana Pemda Mengendap di Bank

"Perbedaan dari tahun 2021 adalah gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi mereka yang memang mendapatkan tunjangan kinerja," kata Menkeu Sri Mulyani, melansir Tempo.

Dengan demikian, maka gaji ke-13 PNS tahun 2022 akan dibayarkan sebesar gaji pokok atau pensiunan ditambah tunjangan melekat pada gaji atau pensiunan pokok tersebut yaitu berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural, jabatan fungsional, atau jabatan umum, dan 50 persen tunjangan kinerja.

Baca Juga: Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil dan Pensiunan Akan Cair Bulan Juli

Sementara bagi ANS dan pensiunan pada lingkup pemerintah daerah, peraturannya adalah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan sesuai dengan kemampuan APBD atau keuntungan di masing-masing daerah dengan merujuk pada peraturan UU yang berlaku.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan bahwa pemberian gaji ke-13 merupakan wujud penghargaan kepada ASN dan pensiunan atas kontribusi dan pengabdian di tengah pandemi Covid-19 dan upaya memulihkan ekonomi, melalui pelayanan masyarakat dan tugas yang tetap dijalankan apapun resikonya.

Baca Juga: Sri Mulyani : Ekonomi Pulih dan Pendapatan Negara Naik 32,1 Persen

Pemberian gaji ke-13 juga diharapkan bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan daya beli masyarakat, khususnya menjelang tahun ajaran baru.

Halaman:

Editor: Yohanes Marto

Sumber: Tempo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X